Kuliah Kerja Nyata adalah bagian dari sistem
Pendidikan tinggi yang menempatkan Mahasiswa di luar Kampus agar mahasiswa
hidup ditengah-tengah masyarakat bersama masyarakat untuk membantu dan
mendampingi masyarakat memanfaatkan potensi sumber daya alam lokal dan sumber
daya manusia yang ada untuk mengatasi permasalahan masyarakat dalam kurun waktu
tertentu. KKN Tematik POSDAYA UIKA Bogor merupakan sebuah tuntutan/kewajiban
bagi mahasiswa semester VI. Sasaran KKN Tematik POSDAYA bagi masyarakat yakni
untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dengan berperan aktif dalam
mengembangkan produktifitas sumber daya pembangunan sesuai dengan fasilitas
yang dimiliki.
Lembaga
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIKA Bogor telah melaksanakan KKN Tematik
POSDAYA pada tahun 2007, KKN Tematik POSDAYA pada Tahun 2011 di Kabupaten
Bogor, KKN Tematik Jabar pada Tahun 2012 di Kota Depok, KKN Tematik POSDAYA
pada Tahun 2013 di Kabupaten Bogor, dan KKN Tematik Jabar pada Tahun 2013 di
Kota Depok, KKN Tematik Jabar dan KKN Tematik Posdaya tahun 2014 di Kabupaten
Bogor.
Kegiatan
KKN Tematik POSDAYA UIKA Bogor Tahun 2015 merupakan salah satu kegiatan dengan
pendekatan community development, dimana pada pelaksanaan kegiatan ini
melakukan proses perencanaan sekaligus aksi program Pendampingan masyarakat
baik pada aspek sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan, hukum, dan agama maupun
tenologi tepat guna secara terpadu.
A. Tujuan dan Sasaran Kegiatan
Maksud diadakannya Kuliah Kerja Nyata
ini adalah untuk menggerakkan dan membantu masyarakat pedesaan dalam memecahkan
persoalan yang menyangkut masalah pembangunan dipedesaan dan melatih Mahasiswa
sebagai calon sarjana untuk bekerja secara interdisipliner dan multisektoral
dalam menangani masalah secara pragmatis yang timbul dalam masyarakat. Secara
umum Kuliah Kerja Nyata memiliki beberapa tujuan, yaitu :
- Agar Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat dan secara langsung menemukan, merumuskan, dan memecahkan permasalahan yang sangat kompleks yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan secara pragmatis dan interdisipliner.
- Memberikan sumbangan pemikiran berdasarkan ilmu teknologi dan seni dalam upaya menumbuhkan dan mempercepat gerak pembangunan serta mempersiapkan kader-kader pembangunan.
- Agar perguruan tinggi dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang peka terhadap kondisi permasalahan-permasalahan yang kompleks yang dihadapi masyarakat dalam melakasanakan pembangunan.
- Meningkatkan hubungan antar perguruan tinggi dengan pemerintah daerah, instansi terkait serta masyarakat, sehingga perguruan tinggi dalam berperan dan menyesuaikan kegiatan pendidiakn serta penilaiannya dengan tuntutan nyata dan masyarakat yang sedang membangun.
- Terbentuk kader-kader pembangunan didalam masyarakat sehingga terjamin upaya untuk melanjutkan pembangunan.
B. Sasaran Praktek Kuliah Kerja Nyata
- Mahasiswa
- Masyarakat dan Pemerintah
- Perguruan Tinggi
C. Manfaat Kegiatan
1.
Bagi Mahasiswa
- Memberikan pengalaman langsung untuk menerapkan konsep-konsep ilmu pengetahuan keterampilan dan teknologi yang diperoleh selama menempuh pendidikan dalam kenyataan kehidupan masyarakat.
- Menemukan dan berusaha untuk memecahkan / menerapkan konsep ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dimilikinya secara komprehensif.
- Berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan masyarakat secara tepat guna menjalin kerjasama yang kondusif.
2. Bagi Masyarakat
- Membantu masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang, terutama pendidikan, Ekonomi, Sosial, agama, lingkungan, kesehatan dan tekhnologi tepat guna.
- Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dalam peran sesuai dengan otonomi daerah.
- Membantu masyarakat dalam mengembangkan produktifitas sumber daya pembangunan desa Kecamatan secara obyektif sesuai dengan fasilitas yang dimiliki.
3. Bagi Pemerintah
- Membantu Pemerintah Daerah untuk dapat meningkatkan perkembangan pembangunan Daerah, terutama Pendidikan, Ekonomi, Sosial, Agama, Lingkungan, Kesehatan dan teknologi tepat guna.
- Memberikan masukan dan rekomendasi kepada pemerintah atas dasar hasil penyelenggaraan kuliah kerja nyata di wilayah tersebut.
4. Bagi Universitas Ibn Khaldun Bogor
- Merealisasikan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama dalam pengabdian masyarakat secara langsung.
- Memperoleh umpan balik bagi peningkatan kualitas pendidikan.
- Meningkatkan pelaksanaan fungsi KKN sebagai sarana pembelajaran dalam pengabdian masyarakat.
D. Landasan Kegiatan
Dasar Hukum
penyelenggaraan KKN Tematik POSDAYA tahun 2015 ini sebagai berikut:
a.
Al-Qur'an, surat al-Ma’idah Ayat 2, anjuran
untuk saling tolong-menolong dalam kebaikan.
b.
Pancasila
dan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 1 tentang pendidikan
c.
Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 2003, tentang
Sistem Pendidikan Nasional;
d. Peraturan Pemerintah Nomor: 17 Tahun 2010 jo. PP
Nomor 66 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan;
e.
UU nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen;
f.
UU nomor 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi;
g.
Peraturan pemerintah nomor 37 tahun 2009 tentang
dosen;
h.
Permendikbut nomor 49 tahun 2014 tentang standar
nasional pendidikan tinggi;
i. Keputusan Rektor Universitas Ibn Khaldun Bogor
Nomor 158/IIIa/KR-KKN/UIKA/2013 tentang KKN Universitas Ibn Khaldun Bogor;
j. Keputusan Rektor Universitas Ibn Khaldun Bogor
Nomor 032/IIIa/KR-PPKKN/UIKA/2015 tentang Kepanitiaan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Terintegrasi di Lingkungan Universitas Ibn Khaldun Bogor.
E. Target Kegiatan
Target yang diharapkan dapat dicapai
dari kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1. Terlaksananya
semua program kerja yang telah disusun
2. Adanya
pengalaman-pengalaman baru yang diperoleh Mahasiswa dalam upaya pemecahan
masalah sosial pedesaan dan sekolah
3. Adanya
pemikiran baru yang timbul dari sekolah dan masyarakat dalam rangka menghadapi
masalah yang sedang dihadapi
4. Terjadinya
perubahan fisik dan non fisik yang langsung dan tidak langsung pada wilayah
kerja
5. Adanya keterkaitan antara kedua
pihak secara berkesinambungan dalam pembangunan kualitas pendidik dan
pembangunan daerah
6. Terbentuknya kader-kader baru pembangunan
No comments:
Post a Comment